Desain: Tim Online For SYM. Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 09 Juni 2010

Andi Caccing, Tentang Reformasi Birokrat dan Otonomi Daerah (Debat Pertama)

Debat pertama untuk calon Bupati Bulukumba telah usai beberapa waktu yang lalu, debat yang dihadiri ratusan undangan baik dari unsur pemerintah, DPRD, dan kelompok masyarakat, serta massa pendukung masing-masing calon.

Pada debat pertama ini, Andi Caccing dengan gayanya yang tenang, namun tetap memperlihatkan kecerdasannya dalam menanggapai beberapa pertanyaan atau sanggahan tentang materi debat yang membahas tentang Reformasi Birokrat dan Otonomi Daerah

Pandangan Awal Tentang Reformasi Birokrasi dan Otonomi Daerah
Pandangan Andi Syafruddin Amjar: Ada tiga hal paling penting dan saling berkaitan dalam usaha membangun daerah dalam rangka otonomi daerah, yaitu: Pemerintah, Masyarakat, dan Swasta. Pemerintah merupakan unsur yang paling utama, karena pemerintah adalah pelaksana kebijakan yang  bertujuan membangun masyarakat sejahtera. Pemerintah sebagai pelaksana kebijakan untuk kepentingan rakyat tentunya harus memenuhi kriteria sebagai sistem pemerintahan yang bersih dan transparan dalam mengelolah sistem pemerintahan daerah, khususnya Bulukumba.

Langkah utama untuk mewujudkan sistem pemerintahan seperti di atas, maka dibutuhkan sistem birokrasi responsif (cepat tanggap), birokrasi dinamis (mengikuti sistem perkembangan, situasi, dan kondisi), birokrasi efektif (memberikan manfaat bagi masyarakat), birokrasi efisien (cepat dalam sistem pelayanan). Hal-hal yang diperlukan untuk mencapai sistem birokrasi yang baik tentunya perlu dukungan pejabat dan pegawai dalam lingkup pemerintahan, untuk itu diperlukan penempatan pejabat yang sesuai dengan kompetensinya serta latar belakang pendidikannya dan tentunya pengalaman dalam bidangnya. Sedangkan, staf atau aparatur pemerintahan sebagai ujung tombak utama dalam sistem pelayanan dalam birokrasi diperlukan SDM yang berkualitas, cakap, kreatif, dan inovatif. Dalam rangka mencapai pelayanan yang terbaik bagi masyarakat maka perlu melakukan pendidikan dan pelatihan bagi aparatur, sistem pendidikan yang berjenjang, mengikutsertakan dalam pendikan dan pelatihan baik secara formal dan nonformal.

Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM)
Pemerintah memang harus memiliki SDM yang handal, untuk itu dalam usaha mewujudkannya diperlukan proses pendidikan, ada 3 sistem pendidikan yang dapat ditempuh, yaitu:
(1) Pendidikan Fungsional,
(2) Pendidikan Struktural
(3) Pendidikan Formal

Peningkatan SDM aparatur pemerintah melalui sistem pendidikan selain meningkatkan kemampuan juga sekaligus meningkatkan pendapatannya.

Selain itu, aparatur yang telah memiliki kualitas tidaklah akan memberikan manfaat bagi pemerintah dan masyarakat luas selama tidak diberdayakan, maka pemberdayaan aparatur adalah kunci mutlak dalam sistem pelayanan. Kadang dalam sistem pemerintahan ada aparatur yang tidak diberdayakan walaupun aparatur tersebut memiliki kompetensi, biasanya aparatur seperti ini "dipinggirkan" hanya karena berbeda pandangan. Untuk itu, dalam sistem pemerintahan yang ingin dibangun oleh SYM adalah sistem pemerintahan yang mengedepankan dan mengandalkan kompetensi dari aparatur, bukan kedekatan ataupun penempatan sebagai ungkapan terimakasih atas jasa-jasanya.

Hubungan Pemerintah Daerah dengan DPRD
Antara pemerintah dengan DPRD harus ada harmonisasi hubungan, bukan dipandang sebagai “penghalang” jalannya sistem pemerintahan. DPRD dan pemerintah daerah adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, DPRD sebagai pengontrol jalannya pemerintahan.

Dalam sistem pembahasan anggaran APBD, pemerintah harus mampu menyediakan porsi utama kepentingan untuk rakyat bukan untuk kepentingan beberapa kelompok maupun golongan tertentu. Hal inilah yang sering terjadi pada APBD yang hanya mementingkan kelompok tertentu dan pengusulannya dalam rangka pembahasan di DPRD  yang selalu terlambat, sehingga dalam pembahasan anggaran oleh DPRD selalu terlambat juga dan akhirnya kena penalti. Hal ini terjadi karena rendahnya komunikasi antara pemerintah daerah dengan DPRD.

Kesejahteraan Rakyat
Upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, A. Caccing berpendapat: bahwa potensi SDA Bulukumba tidak bisa dikelolah dengan baik jika tidak didukung dengan SDM, jadi antara SDA dan SDM harus seiring sejalan. Pengelolaan SDA tidak lagi bisa mengandalkan kemampuan tradisonal perlu dipadukan dengan ilmu, pengetahuan dan teknologi, jadi SDM memegang peran penting.

Untuk itu, Pemerintah daerah akan memberikan peran berharga bagi masyarakat Bulukumba, dengan melalukan pelatihan dan pendidikan pada kelompok-kelompok masyarakat. Memadukan antara pengalaman yang terbentuk karena sistem tradisional dengan ilmu, pengetahuan, dan teknologi adalah salah hal paling penting dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat. Dengan memadukan antara kemampuan dengan pengalaman dengan ilmu pengetahuan akan memberikan dampak positif, produksi melimpah, namum mampu menekan biaya operasional.

Potensi Sumber Daya Alam
Potensi SDA Bulukumba tidak hanya yang nampak dimuka bumi, namun SDA yang tertanam dalam perut bumi (pemikiran yg tidak dimunculkan oleh calon lain), pengelolaan SDA yg nampak mata dan diperut bumi perlu dukungan SDM, maka penguasan pendidikan dan teknologi adalah suatu keharusan, pemerintah harus menjadi motor penggerak untuk hal ini.

Sebagai contoh, Andi Caccing mengungkapkan Wilayah pantai Bulukumba, memiliki potensi SDA Bulukumba yg selama ini tidak dikelolah dengan baik, pemerintah harus memikirkan solusi yg terbaik sehingga meningkatkan kesejahteraan rakyat. Kita tidak ingin pantai saat kita lahir sama dgn pantai saat ini, perlu perubahan dalam mengelolahnya sehingga memberikan hasil bagi masyarakat  jauh lebih baik, seperti  yang diamanahkan dalam sistem otonomi daerah.

Penutup Debat
Hal utama harus dilakukan ketika menjadi Bupati adalah menata birokrasi pemerintahan, birokrasi yang responsif, dinamis, kreatif, efektiv, efisien. Pemerintahan bukan kelompok raja, namun merupakan pelayan rakyat, untuk itu penempatan pejabat yg sesuai merupakan suatu sistem pemerintahan yg dapat mendukung pemerintahan bersih dan transparan dalam sistem pengelolahan daerah. Lisua Nasaba Idi.. saya kembali karena kita........ Ungkapan Andi Caccing dalam mengakhiri debat kandidat.

Anda Suka Tulisan Ini? Jadikan Status Baru di FB Anda


Silahkan Baca juga Postingan berikut:

2 komentar:

RCA 102,5 FM : 10 Juni 2010 03.17 mengatakan...

Mantap ulasannya.

Amrin Amirullah : 10 Juni 2010 09.33 mengatakan...

Sy mendengar langsung debat ini dan memang kelihatan antara calon yang memiliki gagasan dan otorator, ada perbedaan antara keduanya. Andi Caccing memiliki gagasan yang lebih jelas dan orator lebih banyak mengumbar kata yang menarik tapi sebatas kata saja......Sepakat Andi Caccing Is The Best


Silahkan Berkomentar

Silahkan berkomentar dengan bijak sesuai tema tulisan. Gunakan Name/URL untuk memudahkan saya merespon komentar Anda.

Hasil Polling RCA 102,5 FM

A. Caccing, Menuju Bulukumba 01

Pesan Tokoh Masyarakat

A. Mappigau Samma (Sekda Bulukumba 2005): "Saya mengajak warga Herlang dan masyarakat Bulukumba untuk memilih SYM. Kenapa harus pilih No 2 (SYM) karena pasti menang,"[selengkapnya]

Andi Ranreng Mappatoba (Bulukumpa-Rilaiu Ale): "Sekarang, kalau masih orang yang tidak benar memimpin...[selengkapnya]

Edy Manaf (Ketua PAN Blk): "Bulukumba butuh perubahan, butuh pemimpin ... [selengkapnya]

Djafar Pallawa (Bontobahari): "Jangan tergiur dengan janji-janji... [selengkapnya]

Daftar Tulisan SYM For Bulukumba

  1. Kader Golkar Dan PDI-P Hadir Saat Kampanye SYM
  2. SYM Kembali Mendapat Ancaman Di Facebooker Kami Cinta SYM (KC-SYM)
  3. Andi Caccing Jagokan Brazil
  4. Menyonsong Layar Mengembang Bersama SYM
  5. Relawan Koja Dukung SYM
  6. Andi Caccing, Tentang Reformasi Birokrat dan Otonomi Daerah (Debat Pertama)
  7. SYM Diprediksi Menang Satu Putaran
  8. Puluhan Ribu Massa SYM Menghadiri Kampanye Hari Pertama
  9. Talkshow Pilkada Damai Di RCA 102,5 FM Bulukumba, Dengarkan!
  10. Jurkam Nasional SYM, Primus Yustisio dan Eko Patrio
  11. Mendukung SYM, Badik Siap Berbicara
  12. Dengan Facebook, Ekspresi Bulukumba Ekspresi SYM
  13. GRAMUDIA untuk SYM
  14. Transisi Demokrasi Menuju Masa Depan Bulukumba Yang Lebih Baik
  15. Baliho SYM, "Mendadak Hilang"
  16. Bulukumba Butuh Pemimpin Baru dan Berkepribadian Baik
  17. SYM Menurunkan Alat Peraga Kampanye
  18. Mappigau Samma dan Syahrir Sahib di TIM SYM
  19. Rumah Pegawai Dijadikan ...
  20. Polling Bupati Pilihan Anda
  21. SYM Yakin Menang di Bontobahari
  22. Syahrul Yasin Limpo: KPU Harus Netral
  23. Ada Pejabat Jadi Tim Sukses
  24. Status Incumbent Bukan Jaminan
  25. Butta Panrita Lopi Memilih
  26. Andi Caccing: Pilkada Hanya Satu Putaran
  27. Optimis Bisa Menang di Gantarang-Kindang
  28. Andi Ranreng Mappatoba: Pilihlah Pemimpin ....
  29. A. Syafruddin Amjar Mengunjungi Pasar Sentral
  30. Anggota DPRD Bulukumba Reses, Temukan ...
  31. DPRD Bulukumba Mencatat, Ada Defisit ...
  32. Blogger Bulukumba dalam Komunitas
  33. Tiga Kecamatan di Bulukumba Belum Terima ...
  34. Akses Blog SYM di Handphone Anda
  35. Lagi-lagi, Bulukumba Kena Pinalti
  36. Del Rey, Ayo Bergabung Dukung SYM untuk Bulukumba 2010-2015
  37. Dukungan Facebooker: SYM Harapan Bulukumba
  38. Dukungan Facebooker
  39. Gabung di Goup SYM For Bulukumba 2010-2015
  40. Proses Pendaftaran SYM di KPU Bulukumba (bag. 2)
  41. Proses Pendaftaran SYM di KPU Bulukumba (bag. 1)
  42. Kontak Kami
  43. Visi dan Misi
  44. Andi Caccing tentang Facebook

Buku Tamu

 

Layar Mengembang Bersama SYM

Taufan Tiro For SYM

Bulukumba, Ekspresi SYM


Ada kesalahan di dalam gadget ini

Detik, Menyonsong Pemimpin Baru

Suara Hati Warga Bulukumba

SYMHOLIC

Kirim Tulisan - Saran

andicaccing@gmail.com (di sini)